Gampang Kok, Ini Dia Cara Membuat Peredam Suara


Gampang Kok, Ini Dia Cara Membuat Peredam Suara

Jika Anda merupakan seorang pecinta musik yang gemar membuat gaduh suasana, ada baiknya untuk coba membuat peredam suara. Dengan membuat alat peredam tersebut, maka aktivitas serba musik Anda akan menjadi lebih menyenangkan dan bebas tanpa harus mengganggu telinga tetangga. Gampang saja, ini dia cara untuk membuat alat peredam untuk memaksimalkan hobi Anda.

Cara Membuat Alat Peredam Suara Gampang dan Simpel

1.     Gunakan karpet
Karpet merupakan salah satu cara ampuh untuk meredam suara. Bahkan cara ini terbilang cukup lama diaplikasikan oleh sejumlah orang. Anda tentu dapat menjumpainya pada studio-studio musik maupun bioskop. Anda dapat menggelar karpet di seluruh ruangan guna meredam bunyi-bunyian yang ditimbulkan.

Penyebaran karpet ke seluruh ruangan dapat mengurangi secara signifikan aneka suara yang menuju ke arah luar. Anda bisa menggunakan sejumlah karpet yang berukuran cukup tebal untuk memaksimalkan peredaman suara. Jika tidak, Anda bisa menumpukkan karpet tipis sejumlah yang diinginkan guna memberikan efek peredam yang lebih baik.

2.     Pakai acoustic foam
Apabila Anda ingin mendapatkan efek peredam suara secara total, maka bisa pakai semacam aocustic foam. Benda ini memiliki bentuk berupa tonjolan layaknya karpet telur berbusa lembut yang sangat ampuh meredam bunyi-bunyian. Bagi Anda yang hobi main ke studio rekaman, tentu sering menjumpai benda seperti ini.

Satu lembar acoustic foam dengan ukuran 1 x 2 m setebal 5 cm mampu meredam segala bunyi berisik yang ditimbulkan dalam ruangan. Jika Anda ingin memiliki ruang karaoke pribadi di rumah tanpa mengganggu tetangga sekitar, maka bisa coba untuk membeli benda ini. Dengan benda ini, Anda akan memperoleh privasi total yang sangat mengasyikkan.

3.     Pasang rak buku
Pilihan peredam bunyi berikutnya yang bisa Anda coba ialah dengan memasang rak buku. Rak buku diketahui ampuh untuk mencegah suara yang ditimbulkan di dalam ruangan untuk keluar. Hal tersebut mengingat bahwa benda-benda yang berat dan bertekstur padat ampuh untuk menghambat suara masuk berlebih.

Terutama jika Anda memiliki hunian dengan sifat berbagi terhadap tetangga lainnya, maka cara ini dapat menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Anda hanya perlu menempatkan rak buku pada salah satu sisi ruangan rumah Anda dan mengisinya dengan berbagai macam buku kesukaan. Selain mampu mencegah suara berlebih, rak buku juga dapat menjadi salah satu unsur keindahan interior hunian.

4.     Manfaatkan gabus
Gabus merupakan salah satu penyerap suara yang bagus. Selain itu, jika dibandingkan dengan alat peredam bunyi lainnya gabus terbilang cukup terjangkau. Anda bisa memanfaatkan gabus atau styrofoam pada ruangan yang ingin Anda redam bunyinya. Misalnya, kamar. Pasanglah gabus ke sekeliling ruangan agar menjadi kedap suara.

Apabila dibandingkan dengan acoustic foam, gabus memang lebih mudah dipasang. Dengan demikian, Anda tidak akan boros waktu dan lebih cepat pengerjaannya. Selain itu, Anda akan lebih hemat. Alih-alih menggunakan gabus polos, Anda bisa menghiasnya dengan berbagai macam ornamen cantik lainnya.

5.     Lakukan insulasi
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meredam suara adalah dengan memanfaatkan insulator. Melakukan insulasi ternyata sangat ampuh untuk mencegah datangnya getaran suara berisik baik ke dalam maupun ke luar ruangan. Tidak ada salahnya untuk coba melakukan hal tersebut pada hunian Anda.

Sayangnya, insulasi hanya dapat dilakukan ketika konstruksi tengah dilakukan. Hal tersebut dapat dimaknai bahwa Anda hanya dapat memasang insulator dengan membongkar dinding. Apabila Anda sedang membangun rumah, maka cara ini dapat segera Anda realisasikan dengan baik. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda juga dapat memanfaatkan jasa home installation.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.