Berikut Alternatif Pengobatan Bisul di Ketiak Baik Itu Secara Alami Maupun dengan Obat-obatan Dokter


Berikut Alternatif Pengobatan Bisul di Ketiak Baik Itu Secara Alami Maupun dengan Obat-obatan Dokter
Bisul pastinya menjadi salah satu masalah kesehatan yang sudah sering Anda lihat bahkan mungkin alami, nyatanya bisul ini sendiri bisa muncul dimana saja, termasuk diantaranya adalah bisul di ketiak . Penyebabnya sendiri sangatlah beragam, salah satu diantaranya adalah infeksi bakteri Staphylacoccus aureus. Namun juga bisa terjadi disebabkan oleh rambut yang tumbuh tidak normal, bukannya tumbuh ke bagian luar kulit justru tumbuh ke bagian dalam.

Nyatanya penyakit yang satu ini juga dapat menular kepada orang lain, umumnya disebabkan oleh kontak nanah antara kulit penderita dan juga kulit orang lainnya. bahkan jika seandainya tumbuh di area-area tertentu layaknya ketiak akan menyebabkan rasa sakit. Sebenarnya kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa mungkin Anda terserang penyakit berbahaya seperti diantaranya adalah diabetes, HIV sampai dengan benjolan kelenjar getah bening, jika seandainya muncul di area-area tertentu, sehingga tidak dapat disepelekan, harus segera dilakukan pemeriksaan ke dokter, untuk memastikan kondisinya dan mengobatinya.

Berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif pengobatan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi bisul yang muncul di ketiak tersebut, yaitu:

  1. Mengompresnya menggunakan air hangat, fungsi dari air hangat disini adalah membuat benjolan atau bisul tersebut nantinya akan semakin cepat kering. Caranya mudah, yaitu cukup dengan menempelkan kasa bersih yang sebelumnya sudah dimasukkan kedalam air dengan suhu hangat, lakukan secara perlahan, biarkan hingga 10 menit, ulang setidaknya 2 kali sehari sampai nantinya bisul tersebut kering.
  2. Pakai sabun antiseptik, memang pada dasarnya mandi dengan menggunakan sabun biasa tidak cukup untuk membunuh kuman penyebab bakteri, berbeda halnya jika Anda menggunakan sabun antiseptik yang dapat dipakai untuk menghambat peningkatan bakteri Stapylococcus areus yang menempel di kulit, sehingga nantinya bisul tersebut perlahan juga bisa kempes dan kering.
  3. Jangan pernah memencetnya, hindari kebiasaan buruk seperti memencet area yang ditumbuhi bisul tersebut, sama halnya dengan jerawat jika seandainya dipencet-pencet maka akan memicu kondisi yang serius. Diantaranya adalah nanah tersebut membuat bisul justru akan muncul di area lainnya, begitu juga dengan resiko kulit tersebut luka dan akan sulit hilang bekas lukanya.

Selain pengobatan alami, maka Anda juga bisa memakai produk obat-obatan yang banyak dijual di apotek, sehingga hasilnya lebih cepat dan juga efektif, diantaranya adalah:

  1. Benzocaine, obat yang satu ini bekerja untuk meredakan rasa sakit pada bagian yang ditumbuhi oleh bisul tersebut. Juga digunakan untuk mempercepat terjadinya pengeringan, sehingga nantinya luka akan cepat sembuh dan tidak akan meninggalkan bekas.
  2. Mupirocin, obat ini digunakan untuk membunuh dan menghambat perkembangbiakan bakteri yang menjadi penyebab bisul tersebut. Gunakan sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter, jika seandainya terjadi resiko efek samping yang tidak diinginkan, maka Anda bisa segera menghentikan pemakaiannya.
  3. Gentamicin, ini adalah salep bisul yang mengandung antibiotik, cara kerjanya adalah dengan menyerang bakteri penyebabnya tersebut, cukup oleskan tipis-tipis pada area yang ditumbuhi oleh bisul tersebut, lakukan secara teratur setidaknya adalah 3 hingga 4 kali dalam sehari untuk dapatkan hasil yang optimal. Lanjutkan terus pemakaian jika seandainya kondisi belum membaik.

Itulah beberapa langkah pengobatan baik itu secara alami atau menggunakan obat-obatan dari dokter untuk mengatasi bisul di ketiak. Jangan biarkan terlalu lama, karena akan sangat mengganggu kenyamanan ketika beraktivitas.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.