5 Manfaat Bermain E-Sport untuk Kecerdasan Otak


5 Manfaat Bermain E-Sport untuk Kecerdasan Otak

E-sport atau olahraga elektronik merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menamai sebuah kompetisi permainan video pemain jamak. Para pemain ini pada umumnya bermain bersama pemain profesional. Olahraga elektronik ini berangkat dari dunia gaming, namun berbeda dengan dunia game tersebut. Karena Anda tidak hanya bermain game untuk mengalahkan lawan, melainkan merancang strategi yang dapat membuat otak Anda berpikir keras. Oleh sebab itulah e-sport berbeda dengan dunia gaming dan disebut sebagai olahraga.

Manfaat Bermain E-Sport

Pada mulanya e-sport dipandang sebelah mata lantaran bukan dianggap sebagai olahraga. Kebanyakan orang menganggapnya hanya permainan game biasa yang berakhir dengan kalah dan menang. Padahal di dalamnya terdapat manfaat-manfaat yang berguna untuk kecerdasan otak Anda. Tidak hanya itu, melalui e-sport Anda bisa menghasilkan uang yang dihasilkan dari hobi. Apa saja manfaat e-sport yang lainnya? Yuk simak uraian di bawah ini.

  1. Memberikan Keuntungan Intelektual, Fisik, dan Psikologis
Menurut penelitian yang dilansir dari iAcademy, bermain e-sport dapat membantu perkembangan intelektual, fisik, dan psikologis. Misalnya, ketika Anda memindahkan dan menerbangkan objek kelelawar secara tidak langsung melatih otak dan otot-otot aktivitas Anda.
Dalam hal ini, performa yang Anda lakukan ini akan terealisasi dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, bermain e-sport membuat semua anggota tubuh bergerak sesuai olahraga lain pada umumnya.

  1. Melatih Kemampuan Bernavigasi, Meningkatkan Daya Ingat, dan Memperkuat Penalaran
Memainkan permainan pun akan melatih kemampuan bernavigasi, meningkatkan daya ingat, dan memperkuat penalaran. Hal ini disebutkan oleh American Psychological yang telah melakukan penelitian. Secara mendasar, kemampuan bernavigasi ini berguna untuk memahami dan mengenal suatu rute untuk mencapai tujuan. Sedangkan daya ingat dan penalaran sangat penting dalam keseharian manusia.

  1. Membantu Meraih Kesuksesan Berkarir
Bermain e-sport pun dapat membantu Anda meraih kesuksesan lantaran otak tertantang untuk mencari solusi. Misalnya ketika Anda kesulitan melewati game tingkat tertentu, maka Anda akan berpikir bagaimana caranya menyelesaikan game tersebut.
Dengan kata lain Anda berusaha mencari solusi untuk melewati hambatan tersebut. Di dalam kehidupan nyata, ketika Anda berupaya mencari solusi dari hambatan-hambatan pekerjaan, maka kesuksesan karir Anda sudah ada di depan mata.

  1. Memunculkan Suasana Hati yang Positif
Suasana hati Anda akan mulai membaik ketika bermain game, karena fokus Anda telah teralihkan pada game. Apalagi untuk generasi muda yang lebih memilih suatu yang mengasyikkan dibanding hal-hal yang konvensional.
Dengan bermain e-sport ini seluruh anggota badan Anda akan teralihkan dan membentuk suasana hati yang positif. Efektivitas untuk bekerja pun lebih tinggi daripada orang dewasa yang bekerja selama delapan jam.

  1. Menghindarkan Pemuda dari Kenakalan Luar
E-sport dapat menjadi pilihan karir bagi anak-anak muda yang belum tahu harus menyalurkan hobi dan keinginan mereka. Dengan adanya e-sport anak muda dapat mengalihkan hobinya dengan bermain game dan menjadi atlet e-sport.

Untuk hal ini, para orang tua diharapkan bisa mendukung anak-anak dengan pilihan hidupnya menjadi atlet olahraga elektronik. Hal ini lebih berdampak ketimbang membiarkan anak Anda berada di dunia luar.

Demikianlah beberapa manfaat bermain e-sport untuk kecerdasan otak para pemainnya. Memainkan game itu tidak mudah, butuh strategi, dan membutuhkan tenaga dan otak. Berbagai manfaat dari bermain e-sport ini dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, khususnya dalam kecerdasan otak.

No comments:

Powered by Blogger.