Ciri Bahan Bakar Tidak Berkualitas

Ciri Bahan Bakar Tidak Berkualitas
 
Bahan bakar berkualitas tinggi merupakan syarat wajib agar pembakaran sempurna. Jika menggunakan bahan bakar berkualitas buruk, kendaraan bisa bermasalah.

Hal itu tentu banyak merugikan, lantaran harus memperbaiki kendaraan. Perlu diketahui, bahan bakar berkualitas buruk yang terlanjur masuk ke tangki mobil, bisa dilihat dari 4 tanda berikut, seperti dilansir dari Zing.

1. Akselerasi Lemot

Paling mudah mendeteksi bahan bakar kotor atau berkualitas buruk adalah saat mobil berakselerasi. Mobil bisa saja delay dan tak responsif karena mesin mengalami beberapa masalah.

Mobil akan membutuhkan beberapa detik untuk bereaksi terhadap pedal akselerator sebelum berakselerasi. Atau bahkan tak akan berakselerasi sama sekali. Jika pengemudi mencoba melaju kencang, gejala itu akan terasa dengan jelas.

2. Kecepatan Berubah

Bahan bakar berkualitas buruk bisa membaut mobil mengubah kecepatannya saat melaju. Bahkan ketika pengemudi tak menginjakkan kaki di pedal gas. Mobil akan berubah kecepatan tanpa sebab.

3. Mati Mendadak

Tanda lainnya adalah mobil tiba-tiba berhenti saat melaju. Hal itu bisa terjadi lantaran proses pembakaran internal tidak bisa menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi mesin. Akibatnya, mobil mati mendadak.

4. Susah Dinyalakan

Bahan bakar kotor atau berkualitas buruk seringkali menyulitkan saat mesin dinyalakan. Jika terlalu banyak air atau kotoran ayng tercampur dengan bahan bakar, mesin mobil akan bekerja tak stabil. Bahkan bisa menyebabkan kebakaran. Meski ada banyak faktor yang menyebabkan kasus ini, tapi bahan bakar berkualitas buruk adalah penyebab yang sering terjadi.

No comments:

Powered by Blogger.